Aturan Penyiraman Tanaman Yang Benar Agar Tanaman Selalu Sehat dan Segar

Diposting pada

Untuk mencegah tanaman mati di musim panas, mereka membutuhkan banyak air. Tetapi seberapa banyak air atau seberapa sering tanaman harus disiram? berapa kali menyiram tanaman?

Dan apakah lebih baik air dari atas atau bawah? Lanjutkan membaca dan kawan2 akan menemukan beberapa fakta yang bermanfaat untuk menyirami tanaman.

Aturan no. 1: Tetap lembab merata

Sebagian besar tanaman bergantung pada kelembapan yang merata. Namun, sedikit mengering sebelum menyiram meningkatkan pertumbuhan akar tanaman.

Aturan no. 2: Air sering kurang secara menyeluruh

Satu sampai dua sesi penyiraman per minggu biasanya sudah pas untuk tanaman. Faktanya menyiram lebih jarang tetapi dengan banyak air lebih baik untuk tanaman daripada sedikit air tapi selalu sering.

Aturan no. 3: Air di sore hari atau di awal pagi

Ketika menyiram tanah yang didinginkan di malam atau malam hari maka lebih sedikit air yang menguap daripada di tanah panas di siang hari. Dan tanaman cukup dapat memasok diri dengan air sebelum panas hari berikutnya.

Aturan no. 4: Biarkan daun kering untuk menghindari penyakit

Daun basah menjadi daun yang sakit. Tetap basah semalaman, penyakit jamur daun dapat terjadi. Daun yang dibuat basah di bawah sinar matahari menghasilkan sedikit bekas terbakar.

Aturan no. 5: Pastikan air mencapai akar

Loading...

Penyiraman sesuai kebutuhan berarti bahwa air harus cukup menjangkau akar. Jumlah air yang terlalu rendah sering hanya menutupi sentimeter tanah atas atau bahkan tidak menjangkau tanaman sama sekali, misalnya ketika ada penutup mulsa tanah dan terlalu sedikit irigasi.Penyiraman sesuai kebutuhan juga berarti bahwa tanaman tanaman sangat tergantung pada tanah yang lembab secara merata sampai panen tanaman matang untuk panen.

Aturan no. 6: Berikan jumlah air yang lebih banyak

Air membutuhkan waktu untuk meresap ke dalam tanah. Sebelum air yang berharga di tanah mengalir tidak terpakai, lebih baik menyiram berulang kali di beberapa bagian.

Aturan no. 7: Air dengan target tetapi terdistribusikan

Selalu menyiram hanya pada satu titik akar menyebabkan pertumbuhan akar satu sisi dan dengan demikian penyerapan nutrisi yang lebih buruk di tanah. Karena itu, selalu air di sekitar batang dan distribusikan di seluruh daerah irigasi.

Aturan no. 8: Mengairi dengan cara yang menghemat air

Air sebanyak yang diperlukan dan sesedikit mungkin. Ini disederhanakan dengan sistem irigasi yg baik dan benar.

Aturan no. 9: Hindari genangan air

Genangan air menekan udara pernapasan dari akar. Air yg keluar dari tanah bisa menyebabkan sel-sel akar mati tanpa oksigen.

Aturan no. 10: Gunakan tanah yang kaya tanah liat berkualitas

Tanah tanaman yang kaya mineral lempung memiliki sifat yang lebih baik dan karenanya dapat menahan tanah di air dengan lebih baik dan dengan cara yang lebih merata.

Di musim panas yang basah dan di musim dingin, pastikan drainase air mengalir lancar untuk mencegah genangan air dan serangan jamur pada tanaman.

Loading...